Friday, January 30, 2015

[Review] The Clockwork Three by Matthew Kirby [Guess My Santa]

Title: The Clockwork Three (Tiga anak dan satu jam)
Author: Matthew Kirby
Publisher: Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Published: Jakarta, 2014
Pages:  448p
ISBN: 978-602-03-0815-9
Hadiah Buku dari Santa (BBI Secret Santa 2014)

"Teman-teman adalah komoditas yang sangat berharga. Kadang-kadang aku berpikir seharusnya aku mengumpulkan mereka lebih banyak" - Hannah

The Clockwork Three adalah kisah tiga orang anak yang hidup di kota yang sama, sebuah kota tua di Amerika yang punya pelabuhan, punya museum seni, punya cagar alam yang tidak kalah luas dibanding kota itu sendiri serta harta karun disuatu tempat, menanti untuk ditemukan. Tidak sulit membayangkan kota ciptaan Matthew Kirby ini, semudah mencium aroma petualangan yang sudah muncul sejak halaman pertama buku ini.

Giuseppe, seorang pengamen jalanan, menemukan sebuah biola hijau dengan lantunan suara yang menciptakan perasaan ajaib, membuat orang-orang merasa berbeda, sehingga memberinya lebih banyak uang. Giuseppe mulai bermimpi untuk pulang ke Italia, tempat dia diculik oleh tuannya, Stephano. Sampai suatu hari Stephano mengetahui keberadaan biola dan uang simpanannya, lalu berniat membunuhnya, Giuseppe pun melarikan diri dan berlindung di cagar alam McCauley.

Bekerja di Hotel Gilbert, memberikan Hannah kesempatan bertemu dengan seorang tamu nyentrik bersama macannya. Dari miss wool, atasannya, ia mendengar keberadaan sebuah harta karun milik tamu yang dahulu pernah menginap di Hotel itu sampai meninggal di kamar hotelnya. Keadaan ayahnya, yang mengalami struk, serta ancaman terus menerus dari miss wool membuat Hannah bertekad untuk menemukan harta karun untuk menjamin kelangsungan hidup keluarganya.

Di sisi lain kota yang sama, Frederick yang bekerja sebagai asisten pembuat jam, berdiam diri di ruang bawah tanah memandangi Automaton, jam berbentuk manusia, yang sedang berusaha dibuatnya secara diam-diam. Ketiga anak ini dalam perjalanan mereka masing-masing, didesak oleh kebutuhan dan masalah yang menghimpit mereka, di suatu waktu di kota yang sama akan bertemu, menjadi teman, dan memulai sebuah petualangan yang akhirnya selesai kubaca. 
Baca Bareng BBI Januari 2015 : Buku Secret Santa

Selain penggambaran latar yang imaginable, penulis juga memberikan penekanan pada karakter ketiga remaja yang menjadi tokoh utama dalam kisah ini, sehingga sangat mudah membayangkan pembawaan ketiga tokoh. Frederick yang lebih pendiam diantara ketiganya, punya ambisi yang terkadang membuatnya agak ceroboh. Giuseppe yang lebih berani tetapi punya hati yang sangat lembut dan selalu peduli pada orang lain. Hannah yang sangat menyayangi keluarganya pun memiliki sisi kekecewaan terhadap kedua orang tuanya yang helpless, sesuatu di dalam dirinya berontak, namun rasa sayangnya pada ayah, ibu dan adik-adiknya menutupi semua kekecewannya. 

Selain petualangan yang cukup enak dibaca, persahabatan pun menjadi topik menarik di buku ini. Seperti quote yang membuka review ini, buku ini mengangkat nilai persahabatan sebagai hal yang tak kalah penting. Mengingat hal itu, rasanya buku ini sangat tepat untuk young reader, karena sangat sedikit nuansa romance ala sinetron atau ftv yang diselipkan. Buku ini bukan tipe yang memorable untuk saya, sekedar bagus, namun tidak spesial. Mungkin itu sebabnya, saya hanya mampu memberikan tiga bintang untuk kisah ini. Dan lagi rasanya ada yang salah dengan sinopsis di belakang cover buku ini. Sinopsis itu menyebutkan Hannah mendengar tentang harta karun dari salah seorang tamu hotel, bertentangan dengan penuturan penulis bahwa Hannah mendengarnya dari atasannya secara tidak sengaja.

Oke, cukup tentang buku ini. Lalu siapa si Santa misterius dibalik buku ini?






Senang bisa menjadi Santa Mbak tahun ini. Sebagai sesama penyuka fiksi, event ini merupakan salah satu event yang sudah kita tunggu-tunggu. Sebagai informasi, saya berasal dari wilayah Indonesia bagian barat.


Saya harap Mbak menyukai kado yang sangat sederhana ini. Semoga harimu menyenangkan ^^









Dear Santa, sebenarnya aku pusing dengan petunjuk darimu, bukan karena petunjukmu terlalu susah, tapi karena aku tidak mahir dengan petunjuk dalam bentuk kalimat seperti itu, apalagi harus menebak arti terselubung dari kalimat sederhana diatas. Namun untungnya (maafkan harus mengaku) ada seorang Dewi Riddle yang menuntunku pelan-pelan dalam melihat hal-hal yang tadinya tidak terlihat oleh mata awamku. Akhirnya huruf-huruf berwarna itu mulai menampakan sebuah arti, kata-kata yang sengaja diberi warna berbeda mulai tampak jelas dan mengandung makna. Lalu aku pun mulai jalan-jalan ke Blogmu untuk memastikan semuanya itu, dan inilah yang kutemukan.

Banner itu menjawab kata-kata FIKSI dan SAYA serta BAGIAN dan HARIMU dari potongan riddlemu. Selanjutnya aku harus menemukan arti huruf-huruf berwarna hijau. Apakah mungkin semudah itu huruf-huruf itu tinggal disusun saja seperti yang dibisikan oleh Dewi Riddle?
I-N-L-T-R-E
atau
E-R-T-L-I-N
Tadaaa...munculah sebuah nama...benarkah dia orang yang sama dengan pemilik Fiction and Me? Yang pasti dia betul berasal dari Indonesia bagian barat "Medan". Tapi Benarkah dia Santaku? Benarkah Ertalin Salim lah orangnya? 


Aku menanti jawabanmu ya Santa. Terimakasih untuk kadonya. Kiss and Hug :) 

21 comments:

  1. Hmm....dengar namanya aja baru sekarang, santamu ini Esi. Hehehe....
    Tapi selamat udah bisa menebak, semoga benar tebakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba fanda,,,banyak member baru jd kadang sulit nebaknya, tp bagusnya sih bisa dapat banyak kenalan baru :)

      Delete
  2. dewi riddle???? maksudnya, as dewi??? LOL hebat sy, akhirnya ketebak jugaaa...dan iya, hadiah kita kok dapetnya sama ya? hihiy

    ReplyDelete
  3. Wow agak susah ya jawabnya, untung ketemu. Selamat ya, semoga tebakannya benar dan eumm saya sudah lama penasaran dgn buku ini, tp msh terhalang dengan harga yang mahal *haiah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kalo gk dikasi santa pasti gk beli buku ini :D

      Delete
  4. iya sih, kalo riddle-nya begitu, susah banget yah mau nebak ngasal juga. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul sekali...apalagi aku yg agak2 oon dengan riddle :D

      Delete
  5. Ertalin itu targetku tahun lalu. Semoga benar ya

    ReplyDelete
  6. Aaa...esssyyy...emang riddlemu jelas banget kok itu. Gak kayak riddleku. X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas buat si Dewi Riddle...kalo buat aku tetep susyaaah mba :P

      Delete
  7. Kayanya bener deh, riddlenya bisa ditebak kok (walaupun aku ga ikut nebak, wkwkwk)
    Menarik bukunya, masih wishlistku sih

    ReplyDelete
  8. huwo, riddlenya terbaca...
    selamat ya sudah menemukan Santanya ^^v

    ReplyDelete
  9. kayaknya bener deh santanya, punya buku ini tapi masih ditimbun :)

    ReplyDelete
  10. Haii Mbak..tebakannya bener ya. Saya santanya Mbak..hehe....gpp kok dibantuin sama Dewi Riddle ^^

    Riddle nama yg saya buat, ada minus A nya..jadi ga lengkap *maafkan* hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makasih yaaa...salam kenal...emang event SS ini bkin banyak kenalan baru :D

      Delete
  11. bukunya lagi ngehip banget ya. jadi ikut penasaran.
    Dewi Riddle, LOL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih...aku juga keikut baca ini, untung ada santa :)

      Delete