Saturday, December 31, 2011

Review : Ransom My Heart


Apakah anda ingat tokoh Robin Hood? Tokoh dalam cerita rakyat inggris yang mencuri dari orang kaya untuk membantu rakyat miskin? Nah…anda akan menjumpai sosok Robin Hood dalam diri seorang gadis muda dalam kisah ini.


Finnula Crais hidup bersama keluarganya di Shropshire, sebuah tempat di daerah inggris. Ia memiliki lima kakak perempuan dan satu kakak laki-laki bernama Robert yang sangat menyayanginya. Ia sangat berbeda dari saudari-saudarinya. Jika kelima saudarinya menggunakan gaun ala wanita inggris, ia justru menggunakan celana seperti pria. Menurut Finn, celana adalah pakaian yang tepat untuk memudahkannya berkuda. Finn adalah seorang pemanah terbaik di daerahnya, ia telah memegang busur sejak kecil sehingga berburu adalah kegiatan yang paling disukainya. Ia mengenal semua jalan-jalan dan tempat di dalam hutan yang bahkan jarang dikunjungi oleh penduduk lainnya.

Hampir semua saudarinya telah menikah. Finn pernah menikah, namun langsung menyandang status janda karena suaminya meninggal bahkan sebelum mereka memiliki malam pertama. Kebetulan sekali Finnula tidak mencintai pria itu, sehingga hal itu justru membuatnya bebas kembali. Suatu hari, salah satu kakaknya, Mellana, hamil diluar nikah. Pria yang menghamilinya adalah seorang penyair. Di masa itu, menikahi seorang penyair bukan pilihan yang disarankan, karena pekerjaan itu dianggap tidak mampu menghidupi sebuah keluarga. Dihadapkan pada keadaan seperti itu, Mellana meminta Finn untuk mencari orang asing kaya yang melewati hutan, menyandra orang asing itu, dan meminta tebusan uang kepada keluarganya. Dengan begitu, Mellana akan punya cukup uang walaupun harus menikahi seorang penyair. Dengan niat membantu kakaknya, Finn memulai perjalanannya.

Di sebuah tempat yang jauh dari rumahnya, ia menjumpai dua orang asing yang menurutnya kaya. Dua pria ini adalah ksatria yang baru saja kembali dari Holy Land. Mereka adalah Lord Hugo Fitzstephen dan asistennya Peter. Melihat peluang ini, Finn memulai rencananya. Lord Hugo yang melihat keanehan seorang gadis cantik dalam balutan celana pria pun mulai tertarik mengenal Finn, sayangnya pertemuan pertama mereka di sebuah kedai minum tidak berlangsung lama, karena Finn langsung menghilang. Hingga di tengah hutan, Finn mencegat kedua orang asing ini dengan skenario yang telah disusunya. Menyadari dirinya menjadi tawanan gadis yang sejak awal bertemu, telah menyita perhatian Hugo, Hugo pun diam saja, ia bahkan menyuruh Peter kembali dan meminta uang tebusan kepada keluarganya. Namun, Hugo tidak memberitahukan nama aslinya kepada Finnula. Hugo semakin tertarik kepada Finnula karena melihat sikapnya yang unik dan berbeda dari semua wanita yang pernah ditidurinya. Sementara perlakuan Hugo terhadap Finnula, membuat gadis tomboy ini merasakan hal baru yang belum pernah dikenalnya. Apalagi setelah Hugo mencoba menciumnya dan Finnula bahkan tak kuasa untuk menolak berada dalam pelukan Hugo. Lalu bagaimana dengan scenario penculikannya?

Perjalanan Hugo dan Finnula membawa banyak perubahan sejak awal mereka bertemu. Walaupun tidak mengenal siapa Hugo sebenarnya, Finnula jelas-jelas telah jatuh cinta dengan pria asing itu. Sementara Hugo yang semakin terobsesi dengan Finnula, mulai meyakinkan dirinya harus memiliki gadis itu. Namun, setelah mengetahui identitas Hugo yang asli, Finnula malah menjadi histeris. Hugo tidak mengerti apa yang membuat Finnula bersikap seperti itu. Lantas Siapa Hugo sebenarnya? Apa hubungan Hugo atau masa lalu Hugo dengan Finnula?

Untuk tahun 2011, ini adalah novel romance dewasa pertama yang saya baca. Entah kenapa saya mengambilnya dari rak gramedia, sesuatu dalam sinopsisnya menarik rasa ingin tahu saya. Ransom my heart ditulis dengan cara yang indah. Novel ini memuat konten dewasa yang juga disampaikan dengan indah. Setelah membaca novel ini, saya berpikir bahwa bagaimanapun juga romance selalu memiliki tempat tersendiri di hati wanita, bahkan di hati mereka yang berpenampilan tomboy. Selain itu, novel ini juga pasti membuat para wanita melambungkan hayalan tinggi keangkasa karena Hugo bisa dikatakan seorang lelaki impian, namun jangan lupa bahwa menjadi Finnula pun tidak mudah. Finnula dicintai hampir seluruh penduduk desa karena kebaikannya yang luar biasa. Satu hal dari novel ini yang tidak saya pahami adalah pernyatan historical romance dicovernya. Menurut saya, novel ini sama sekali tidak menyinggung suatu kondisi dimasa tertentu dengan porsi yang cukup untuk dikategorikan sebagai historical romance. Dari segi terbitan, buku ini memiliki beberapa  typo. Covernya sederhana dan justru lebih cocok dengan kisah didalamnya ketimbang dengan genre historical romance-nya. Bisa dibilang Ransom my Heart adalah tipikal novel romance dewasa dengan penyampaian sopan dan indah. Bintang 4 untuk Meg Cabot yang menyajikan hasil tulisan putri Genovia, Mia Thermopolis, dengan menawan.

--------------------------------------------------------
Judul : Ransom My Heart (Sang Penawan Hati)
Penulis : Meg Cabot
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : 22 Desember 2011
Tebal : 536
ISBN : 9789792277876
--------------------------------------------------------

5 comments:

  1. haduuuh ini buku salah satu yang mau aku beli, cuma berhubung lagi nungguin buku2 pesenan online dateng (dan uang yang kekumpul lagi), aku musti nunggu lebih lama deh buat beli buku ini.
    Kayanya ceritanya seru ya.. Meg Cabot sih yang nulis. Karyanya kan selalu unik. Thanks for the review..

    ReplyDelete
  2. klo @nana salah satu pecinta romance pasti gak nyesel deh klo beli..ceritanya bagus :D

    ReplyDelete
  3. Eh, maksudnya tulisan Mia Thermopolis gmn? Apa buku ini jadinya cerita di dalam cerita, begitu?

    Aku pengen deh, tapi kalo ini salah satu seri Mia Merthopolis jadi males soalnya aku ga pernah baca satu pun bukunya :P

    ReplyDelete
  4. @okeyzz bukan Mia Thermopolis yang nulis..tpi ceritanya itu tulisan Mia..tpi penulisnya ya si meg cabot

    ReplyDelete
  5. tahun 2012 yang lalu lihat buku ini numpuk2 di gramedia, kepingin beli tapi budget buku sudah habis. seminggu kemudian aku balik ke gramedia dan tiba2 Ransom my heart hilang dari peredaran, bahkan nggak dijual secara online. Akhirnya tadi banget penasaran buat nyari online lagi, akhirnya dapat di bukulapak, walapun second semoga bisa mengobati rasa penasaranku yang bertahun2. Thanks reviewnya kak @Althesia, jadi nggk sabar nunggu bukunya sampai di rumahku :)

    ReplyDelete