Wednesday, May 18, 2011

Review : Treasure Island

Apa yang menyenangkan dari sebuah perburuan harta karun? Seperti apa kegembiraan yang dirasakan oleh mereka yang setelah sekian lama terapung-apung di lautan dan pada akhirnya melihat daratan?



Jim Hawkins tinggal bersama kedua orang tuanya. Ia berusia 17 tahun dan Ia membantu ayahnya mengelola penginapan yang dinamakan Admiral Benbow. Suatu hari, seorang pelaut tua yang berkaki pincang memasuki penginapan itu. Ia bertubuh tinggi, besar dan kuat dengan sebuah bekas luka disalah satu pipinya. Pelaut itu dikenal dengan nama Kapten Billy Bones dan ketika masuk ke Admiral Benbow, Ia membawa sebuah peti pelaut bersamanya. Jim takut padanya, terlebih pada cerita-ceritanya tentang orang yang digantung, badai di laut, bahkan tentang tempat-tempat liar di dataran spanyol.

Disuatu pagi dibulan januari, seorang pria bertubuh kumal dengan dua jari yang hilang mengunjungi Admiral Benbow. Pria itu bernama Black Dog, ia datang untuk mencari Kapten Bones. Sang Kapten sangat terkejut dengan kedatangan Black Dog dan mereka bertengkar. Jim memperhatikan Kapten Bones sangat marah, sedangkan Black Dog meninggalkan Admiral Benbow dengan sedikit berlari. Tidak lama sejak kedatangan Black Dog, Admiral Benbow kembali kedatangan seorang buta yang juga mencari Kapten Bones. Ketika mereka bertemu, pertengkaran kembali terjadi dan ketika si buta meninggalkan penginapan, Kapten Bones jatuh dan meninggal terserang stroke.

Setelah kematian sang Kapten, Jim dan Ibunya membuka peti pelautnya dan menemukan beberapa keping uang dan selembar peta harta karun. Peta inilah yang membawa Jim bersama beberapa orang temannya, seorang dokter, hakim dan mantan kapten kapal memutuskan untuk berlayar mencari pulau harta karun tersebut. Jim sangat bersemangat karena inilah perjalanan pertamanya mengarungi lautan, namun ternyata perjalanan itu tidak semulus yang ia bayangkan. Suatu hari, di atas kapal Jim tertidur di dalam sebuah tong. Ia terbangun ketika mendengar beberapa orang sedang berbicara di dekatnya. Orang-orang ini tidak menyadari keberadaan Jim di dekat mereka, namun Jim bisa mendengar dengan sangat jelas apa yang sedang mereka bicarakan dan betapa terkejutnya ia ketika mengetahui bahwa orang-orang itu sedang merencanakan pemberontakan. Mereka berencana membunuh Jim dan seisi kapal yang lain agar bisa memiliki harta karun tersebut. Jim baru saja mengetahui rencana jahat dari beberapa orang yang sudah dianggapnya teman, namun ia tak sanggup bergerak, ia takut jika keberadaannya akan diketahui, apalagi ketika seorang dari mereka berkata ingin mengambil sesuatu dari dalam tong itu. Apakah Jim akan segera tertangkap?Dan siapakah orang-orang pengkhianat itu?

Kisah klasik yang ditulis oleh Robert Louis Stevenson ini mengangkat topik kehidupan bajak laut dan aktivitas perburuan harta karun yang marak dilakukan oleh kelompok bajak laut. Kisah yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1883 ini membawa nilai-nilai moral yang tidak akan pernah usang dimakan waktu. Penuturan dibuku ini disampaikan secara bergantian oleh Jim Hawkins dan Dr. Livesey, namun perpindahan sudut pandangnya sangat mulus, karena disetiap bab diberikan keterangan yang jelas ketika tokoh “aku” berganti ke orang lain. Ada beberapa kesalahan cetak yang cukup mengganggu kenikmatan membaca, namun rasa penasaran akan nasib Jim dan kawan-kawan mampu mengalihkan perhatian saya.


-------------------------------------------
Judul       : Treasure Island
Penulis     : Robert Louis Stevenson
Penerbit   : Atria
Terbit       : April 2011
Tebal        : 352 hal
-------------------------------------------


8 comments:

  1. aku suka buku dengan dua sudut pandang. Jadi bisa tahu gimana pemikiran setiap karakter.

    Covernya cakep yah.

    Ini hadiah dari quiz kemarin yah?

    It's All About Books

    ReplyDelete
  2. Iya covernya cakep. Bukan hadiah quiz. Ni buku tiba2 aja dikirimkan sama ibu peri :)

    ReplyDelete
  3. hai hai, aku ada buku ini tapi belum dibaca..kayaknya seru ya, jarang2 baca kisah bajak laut =) thx reviewnya, dan aku ijin link blognya ya!

    ReplyDelete
  4. btw, ibu peri emang baik, aku jg dpt buntelan buku ini hihi!

    ReplyDelete
  5. hai astrid..iya buku petualangan gitu...klo biasanya suka nonton film bajak laut yaa mirip2 gitu lah ;)

    dengan senang hati..silahkan di link. Si ibu peri emang baik ;)

    btw, blog-nya astrid apa?biar saya bisa blog walking jga

    ReplyDelete
  6. aku www.perpuskecil.wordpress.com, si @pippopu kalau di twitter =)

    ReplyDelete
  7. o astagaa mba astrid to...hihihi...iya mba..thanks ya. Aq sering mengunjungi perpuskecil juga kok. Aq juga ijin link ya ;)

    ReplyDelete
  8. Kak Mau tany dimana saya bisa beli atau dapatkan buku ini ? :( mohon bantuan , untuk analysis thesis saya

    ReplyDelete