Monday, April 4, 2011

Review : The Secret Garden


Taman adalah pusat ide  dari buku yang pertama kali diterbitkan tahun 1911 oleh Frederick A. Stokes (US) ini. Great Maytham Hall Garden, inggris,  adalah tempat yang memberikan inspirasi kepada Burnet untuk menggambarkan tatanan taman rahasia di dalam buku ini, meskipun menurut sumber Wikipedia,secara fisik keduanya sangat berbeda.


The Secret Garden menceritakan seorang anak sepuluh tahun, Mary Lennox, yang hidup tanpa kasih sayang kedua orang tuanya di wilayah india. Ibunya memerintahkan agar semua orang menuruti permintaannya supaya dia tidak “berisik” dan mengganggu ibunya. Mary tumbuh menjadi seorang anak yang selalu dituruti. Suatu hari, wabah kolera menyerang keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Setelah kematian ibunya akibat kolera, Mary dibawa untuk menemui pamanya yang tinggal di Misselthwaite Manor, Yorkshire, Inggris.


 Di rumah pamannya yang besar dan sunyi, Mary merasa sangat kesepian. Namun hal itu mulai berubah ketika dia mengetahui sebuah rahasia di rumah itu lewat seorang tukang kebun. Konon ada sebuah taman yang dipenuhi dengan tumbuhan mawar dan bermacam-macam tumbuhan lainnya. Taman itu digambarkan sebagai sebuah tempat yang sangat indah, khususnya di musim semi ketika semua bunga bermekaran. Taman itu hanya dimasuki oleh istri pamannya. Namun, suatu hari istri pamannya itu meninggal. Pamannya mengunci pintu menuju taman itu dan menguburkan kuncinya. Telah sepuluh tahun berlalu dan tidak ada seorang pun yang mengetahui keberadaan taman itu. Mary mulai bersemangat untuk mencari pintu menuju taman itu, ia mengharapkan taman itu menjadi taman rahasia untuknya sendiri. “Tidak ada seorang pun yang dapat menemukanku jika aku berada didalam taman itu”, begitu pikirnya.

Bersamaan dengan semangat pencarian itu, Mary juga mulai menemukan hal-hal lain di dalam rumah itu. Suatu malam, Mary mendengar tangisan seorang anak. Tangisan itu semacam amukan yang terdengar jauh, namun Mary yakin berasal dari salah satu kamar di dalam rumah itu. Ketika dia bertanya, tidak ada yang memberikannya jawaban, sehingga dia memutuskan untuk mencari asal suara tangisan itu.

Wangi-wangian mawar dan bunga snowdrops yang digambarkan di dalam buku seringkali membuat saya berusaha untuk membauinya walaupun akhirnya yang sampai kehidung saya hanyalah bau terasi dan masakan di sekitar.



Melalui buku ini, Burnett mampu menyampaikan peran besar berbagai mahluk hidup, udara yang segar serta keyakinan dan usaha yang kuat  untuk sebuah kesembuhan.

Persahabatan dari dalam Secret Garden ini akan memikat jiwa setiap anak dan menyentuh hati setiap orang dewasa. Mungkin bagi anda yang terlalu sibuk dengan keramaian kota akan membutuhkan kisah dari tengah padang kerangas ini untuk menyegarkan kembali pikiran anda.

---------------------------------
Judul   : The Secret Garden
Penulis : Frances Hodgson Burnett
Penerbit: Qanita
Terbit  : Agustus 2009
Tebal   : 460 hal
---------------------------------

No comments:

Post a Comment