Sunday, July 31, 2011

Review : Alvin Ho (Alergi Terhadap Berkemah, Hiking dan Aneka Bencana Alam)



Anda seorang penakut? Bercerminlah pada Alvin Ho dan putuskan kembali, apakah anda akan membiarkan rasa takut menghantui anda.

Alvin Ho punya seorang kakak laki-laki, Calvin, dan seorang adik perempuan, Anabelly. Meskipun masih berusia empat tahun, Anabelly memiliki keberanian yang tidak dimiliki oleh Alvin. Anabelly bahkan pernah mengurung Alvin di dalam sebuah kotak dengan kondisi terikat tanpa bisa bergerak. Alvin nyaris pingsan, apalagi ia selalu menekankan dirinya memiliki klaustrofobia, ia berteriak sekuat tenaga agar Anabelly membebaskan dirinya. Alvin tumbuh menjadi seorang anak penakut, ia selalu takut terhadap segala sesuatu, ia bahkan takut berada di alam terbuka dengan beberapa alasan berikut : 

Gempa bumi. Tanah longsor. Lumpur longsor. Banjir. Badai. Tsunami. Angin puting beliung. Ledakan gunung berapi. Meteor jatuh. [hal 44]

Semua hal baik dan indah, bisa saja berubah menjadi sangat buruk dan mencemaskan dalam pandangan Alvin. Belum lama ketika ia berhasil keluar dari kotak yang mengurung dirinya, ia dihadapkan pada ide ayahnya – berkemah. 

Kita bisa saja tersesat di antara daun-daun di sana! Mungkin saja akan ada badai salju hebat, dan kita bisa tersesat di dalamnya! Atau kita mungkin tewas tertima meteorit! [hal 46]

Itu semua jawaban Alvin ketika mendengar ide berkemah dari ayahnya. Sambil menantikan hari berkemah yang menurutnya akan menjadi hari paling buruk dalam hidupnya, Alvin begitu panik, sampai-sampai ia nyaris tidak bisa terlelap setiap malamnya. Alvin bahkan telah membuat surat wasiat yang akan ia tinggalkan jika kelak ia tidak pulang dengan selamat dari berkemah.

Saat hari itu datang, Anabelly ikut bersama Alvin dan ayahnya. Mereka memulai petualangan mereka di alam terbuka. Inilah saat-saat dimana Alvin harus mengatasi rasa takutnya sendiri dan berusaha menikmati alam sekitar yang ternyata luar biasa indahnya.

Kisah Alvin Ho sungguh menggemaskan, saya berkali-kali tertawa dibuatnya. Ketakutan Alvin terlalu berlebihan sehingga membuat setiap orang disekitarnya pun cenderung ingin mengerjainya. Buku ini sangat pas untuk anak-anak atau bahkan orang dewasa yang masih dirundung rasa takut berlebihan terhadap segala sesuatu di sekitar. Alam adalah tempat yang indah, musibah bisa datang kapan saja, namun bukan berarti manusia harus berhenti berpetualang hanya karena kekhawatiran.

----------------------------------------
Judul : Alvin Ho
Penulis : Lenore Look
Penerbit : Atria
Terbit : Juni 2011
Tebal : 204
ISBN : 978-979-024-470-2 
----------------------------------------

2 comments:

  1. Aku dapet buku ini dr Atria tapi belum dibaca karna belum pernah baca buku pertamanya juga.. kemaren sempet baca di twitter, ternyata udah keluar lagi lanjutan si alvin di amerika sana =) kayaknya lucu ya.

    ReplyDelete
  2. aku juga dapat dari bapak peri atria/serambi kok mba astrid. Iya lucu..agak lebay gitu ekspresinya si alvin..tpi natural lah as a little boy gitu.

    ReplyDelete