Monday, May 30, 2011

Review : I am number four


Berawal dari nonton film, saya jadi penasaran dengan beberapa adegan. Rasa tidak puas terhadap adegan filmnya membuat saya ingin membaca kisah fantasi ini dan....yay ada seseorang yang memberikan buntelan buku ini jadilah saya duduk dan mulai membaca kisah alien tampan (pemeran utama filmnya) ini.


The walk among us……..kata-kata ini membuat saya berharap suatu hari nanti bisa bertemu dengan seseorang berkekuatan super di dunia nyata. Ini adalah buku pertama dari serial Lorien Legacies yang ditulis oleh Pittacus Lore. Dalam kisah fantasi ini, sang penulis sendiri memposisikan diri sebagai salah satu tetua planet Lorien yang telah menetap lama di bumi dan banyak membantu manusia. Planet Lorien adalah sebuah planet mirip bumi yang berada dalam sistem tata surya yang berbeda dengan bumi. Adalah sebuah ras mogadorian penghuni planet lain, mereka datang ke Lorien dan menghancurkan planet itu. Ditengah peperangan mempertahankan planet Lorien, para tetua berhasil menyelamatkan sembilan penerus Lorien yang masih sangat muda bersama penjaganya masing-masing. Sembilan anak ini disebut garde, mereka adalah anak-anak yang memiliki pusaka atau kekuatan spesial, sedangkan cepan adalah sebutan untuk para penjaga yang akan mengarahkan dan membantu mereka mempelajari pusaka masing-masing. Kesembilan garde beserta cepannya masing-masing berhasil dilarikan ke bumi. Mereka berbaur dan hidup dengan manusia. Ketika mereka meninggalkan Lorien, seorang tetua memantrai mereka : selama mereka terpisah, para mogadorian tidak bisa menyakiti mereka secara acak. Para mogadorian harus memburu mereka sesuai urutan satu sampai sembilan, namun jika mereka bersama, mantra itu akan patah. 

Suatu hari, disaat sedang berpesta dengan teman-temannya, Daniel Jones mendapatkan luka bakar dikaki kananya. Itu adalah luka yang ketiga. Ia tahu bahwa garde nomor satu sampai tiga telah mati dan ia adalah nomor empat, itu berarti ia adalah target berikutnya. Bersama Henri, sang cepan, mereka meninggalkan Florida, mengubur identitas Daniel Jones dan berganti identitas baru. Mereka telah melakukan hal ini berulang-ulang, namun kali ini mereka harus lebih waspada karena inilah saatnya para mogadorian memburu mereka. Daniel Jones berganti menjadi John Smith, Ia dan Henri menemukan kehidupan baru di Ohio. Ohio adalah kota kecil, sehingga hal sepele saja bisa menjadi perhatian masyarakat dan John tidak boleh menimbulkan perhatian berlebihan untuknya. Kapan saja para mogadorian bisa menemukan mereka jika John melakukan sesuatu yang tidak biasa. Ternyata usaha untuk jauh dari pusat perhatian sulit dilakukan, apalagi ketika John bertemu dengan seorang gadis yang disukainya. John merasa lebih hidup, Karena di Ohio ia menemukan seorang sahabat dan pujaan hatinya, namun ia juga tahu bahwa ia semakin membahayakan dirinya.  Eh…daripada saya keterusan spoiler, lebih baik anda membacanya sendiri ya. 


Saran saya : sebaiknya anda membaca buku ini sampai selesai sebelum menonton filmnya. Jangan mengikuti cara saya. Karena sudah menyaksikan film-nya, ketegangan di dalam buku tidak bisa saya nikmati seratus persen. Namun, jika anda sudah menonton dan belum membaca, eitss..jangan salah ya…ada beberapa adegan film yang sangat berbeda dengan kisah yang dituturkan Pittacus Lore dalam buku ini. Bahkan ada beberapa bagian, menurut saya, jika sutradara film mengikuti sesuai cerita asli, maka akan jauh lebih menegangkan. Banyak hal yang menjadi berbeda ketika dituangkan ke dalam skrip visualisasi. Saya sendiri lebih menyukai alur di buku ini. Ketika menonton film, saya tidak melihat proses John Smith belajar mengendalikan pusakanya atau bagaimana ia melihat citra mengenai planet asalnya. Dan saya menemukan itu di dalam buku ini. Biasanya saya suka mencatat typo yang saya temukan. Seingat saya ada beberapa kesalahan tata bahasa dan kosakata yang lolos dari perhatian editor atau pun proofreading, namun karena buru-buru ingin mengetahui kelanjutan kisahnya, saya jadi lupa mencatatnya. Buat mereka yang senang dengan fantasi, wajib membaca buku ini. Asalkan anda belum menonton film-nya, dijamin anda akan sangat tegang. Hohohoho. 

Buku ini ditulis oleh James Frey and Jobie Hughes dibawa nama samara Pittacus Lore. Selain menyajikan sebuah fantasi, beberapa bagian dalam buku ini, jika dicermati dengan baik, memperingatkan kita untuk menjaga alam sekitar. Mogadorian berasal dari planet yang telah rusak, mereka sendirilah yang merusak planet mereka dengan cara hidup yang tidak sehat. Planet Lorien juga sempat mengalami gejala kerusakan planet. Bangsa Lorien tidak membiarkan hal itu terjadi, mereka memulai cara hidup yang lebih sehat untuk mengembalikan kemurnian planet mereka dan mereka berhasil. Oke sampai disini…bacalah buku ini, selain menikmati action fantasinya, semoga para pembaca memahami hal-hal lain yang disampaikan oleh tetua Lorien ini.

---------------------------------
Judul      : I am number four
Penulis   : Pittacus Lore
Penerbit : Mizan Fantasi
Terbit     : Januari 2011
Tebal      : 500 hal
----------------------------------
 

7 comments:

  1. Aku pengen nonton filmnya tapi baca bukunya dulu, dari kapan pengen baca buku ini tapi belum kesampean :(

    ReplyDelete
  2. iya mending baca bukunya dulu deh pasti lebih seru

    ReplyDelete
  3. duh. sindrom judge a book by its cover yang kuderita ini kayanya belom sembuh deh. dr dulu entah kenapa gara2 muka cowo yang kurang bersih di cover itu, selera untuk membaca buku ini jadi menguap entah kemana. mungkin aku bakal mempertimbangkan kalau misalnya mizan mau ganti cover.. atau mungkin diakalin dengan disampulin kertas dulu. wkwkwkw..
    tapi kalau melihat banyak yang suka (apalagi sampe dibikin film) mungkin this book worth a try :)

    ReplyDelete
  4. Iya, ketegangan yg dibangun jauh lebih bagus di bukunya.. Pemeran utamanya kecakepan.. kikikik..

    ReplyDelete
  5. kayaknya semua buku yang dijadikan film, tidak sama dengan bukunya. pasti ada yang ditambah dan dikurangi. beruntung sekali bisa baca dan nonton filmnya sekaligus.

    saya dapat link blog ini dari blognya pak tanzil. saya baru saja menulis blog review buku saya sendiri. saya sudah memasang link blog anda ini di blog saya. dengan demikian saya berharap bisa tahu review terbaru dari blogger buku Indonesia.
    Mohon blog saya http://hurufbuku.blogspot.com di link balik ya. makasih

    ReplyDelete
  6. @Ana : aq juga kurang suka na sama cover bukunya ;(
    @Anisaanggiana : Iya mba pemeran utamanya kecakepan...jadi ngebayangin coba klo semua alien gitu ;)
    @ReviewBuku : wah thanks ya..ini kunjungan pertama ke blog saya kan..ntar saya juga blog walking ke hurufbuku ya..

    ReplyDelete
  7. Aku blom nonton dan blom baca bukunya. Aku pengen baca karena blogger luar bilang ceritanya lumayan keren. Semoga nanti bisa ikutan baca

    ReplyDelete